-->

K3 Menggunakan Komputer


Kesehatan dan Keselamatan Menggunakan Komputer (K3 Komputer) - Komputer merupakan perangkat teknologi komunikasi dan informasi yang sering digunakan dewasa ini, karena komputer dapat melakukan hampir semua hal yang berhubungan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pada saat kita bekerja dengan komputer ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan bahkan keselamatan kita. Penilitian yang sudah pernah dilakukan menyimpulkan bahwa komputer dapat menyebab kan penggunanya nyeri otot dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, pinggang bagian bawah, sakit ginjal, mata merah berair, bahkan gangguan penglihatan.

Dengan gejala seperti alangkah baiknya kita memperhatikan K3 saat kita benar benar menggunakan komputer agar terhindar dari beberapa penyakit yang disebutkan diatas.
Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari efek negatif dari bekerja dengan komputer:


  1. Atur posisi tubuh saat bekerja dengan komputer sehingga kita merasa nyaman
  2. Atur posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman bagi kita
  3. Makan, minum, dan istirahatlah yang cukup
  4. Gerakan badan untuk mengurangi ketegangan otot dan fikiran dan olahraga secara teratur
  5. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk menyegarkan mata

MENGATUR POSISI TUBUH

  • Posisi kepala dan leher harus tegak lurus dengan wajah menghadap ke komputer, jangan mengadah atau membungkuk
  • Posisi punggung yang baik adalah tegak, tidak miring ke kanan atau kiri, tidak membungkuk dan tidak menyandar terlalu ke belakakng, tempat duduk harus nyaman
  • Posisi pundak tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah, pastikan otot pundak kita tidak tegang
  • Posisi lengan dan siku yang baik adalah apabila kita dapat mengetik dan menggunkan mouse dengan nyaman. Jangan meletakan mouse/keyboard sejajar dengan tempat duduk kita.
  • Posisi kaki harus bebas, jangan bersentuhan dengan CPU apalagi perangkat listrik, kaki harus sesekali diluruskan agar aliran darah lancar. Apabila posisi kaki bersila, maka harus sering diluruskan.

MENGATUR POSISI KOMPUTER
  • Posisi Monitor
    - monitor harus diletakan di tempat yang tidak memantulkan cahay lain
    - letakan monitor lebih rendah dari garis horizontal mata
    - aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu gelap dan terang
    - sering-seringlah mengedipkan mata, apabila mata terasa lelah pijitlah mata secara perlahan dan alihkan pandangan ke tempat lain
  • Posisi Keyboard
    Letakan keyboard ditempat yang mudah dijangkau, jangan terlalu jauh dan terlalu dekat, jangan sampai posisi keyboard membuat anda harus membungkuk atau menengadah
  • Posisi Mouse
    sama seperti keyboard, posisi mouse jang terlalu jauh dan terlalu dekat. usahakan posisi mouse sejajar dengan posisi keyboard
  • Posisi Meja & Kursi
    Meja dan kursi harus berada dalam posisi yang membuat kita nyaman agar tidak membuat otot kita tegang atau kelelahan, kursi usahakan yang mempunyai busa dan mempunyai sandaran yang nyaman.

Itulah beberapa penjelasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja saat kita menggunakan Komputer, bijaklah saat menggunakan dan utamakan kesehatan dan istirahat saat kita benar benar lelah menggunakan komputer.
Terimakasih dan semoga beranfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter