-->

Kabel Jaringan Komputer

Kabel Jaringan Komputer - Pada era yang terus maju dan teknologi terus berkembang, mungkin kalian sangat akrab ditelinga dengan jaringan komputer berbasis wireless atau jaringan tanpa kabel. Memang jaringan wireless ini jauh lebih praktis ketimbang jaringan kabel, karena tidak membutuhkan instalasi kabel yang cenderung ribet. Namun demikian, ternyata penggunaan jaringan kabel saat ini masih banyak digunakan.

Kabel jaringan komputer adalah salah satu perangkat keras komputer berupa kabel yang dirancang khusus dengan kriteria tertentu, serta memiliki peran penting karena bertugas sebagai penghubung dengan karakteristik yang dikategorikan sebagai media transmisi terarah (guieded/wireline) dalam suatu jaringan komputer.

Terus apa sih fungsi dari kabel jaringan komputer tersebut? nah berikut penjelasannya:

Fungsi dari sebuah jaringan kabel itu sendiri adalah mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel. Dengan adanya jaringan kabel ini, maka sebuah jaringan bisa dibangun hanya dengan cara mengkoneksikan kabel dengan server, client, dan juga perangkat keras jaringan lainnya.

Tentu saja, penggunaan kabel jaringan harus juga didukung oleh berbagai macam perangkat keras jaringan yang memadai dan juga berkualitas, agar nantinya proses transfer dan transmisi data menjadi lebih baik lagi dan juga tidak mengalmai gangguan.

Pemakaian kabel dalam jaringan juga tidak serta merta tidak ada hambatan, layaknya sebuah produk ya pastinya memiliki sebuah kelebihan dan kelemahan masing-masing, sama halnya dengan Kabel Jaringan komputer ini juga memiliki kelebihan dan kelemahan dalam penggunaannya.

KELEBIHAN KABEL JARINGAN KOMPUTER :


  1. Jaringan kabel bisa menyuplai kebutuhan jaringan di daerah pelosok, yang belum memiliki access point secara wireless
  2. Cost/biaya untuk membangun jaringan kabel masih jauh lebih murah daripada wireless
  3. Jaringan kabel cenderung lebih stabil dalam mentransmisikan data
  4. Jaringan kabel juga cenderung tidak terpengaruh cuaca

KELEMAHAN KABEL JARINGAN KOMPUTER :


  1. Membutuhkan jumlah kabel yang banyak untuk suatu jaringan yang luas dan juga besar
  2. Penempatan kabel yang harus diperhatikan, agar terhindar dari masalah – masalah kabel, seperti digigit oleh hewan pengerat
  3. Terkadang instalasi yang melibatkan banyak kabel sering terlihat tidak rapih, dan berantakan oleh kabel

JENIS JENIS KABEL JARINGAN :

Dalam penggunaannya, kabel jaringan komputer terdiri dari beberapa tipe yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer tertentu. Sebagai contoh, ada kabel jaringan komputer yang digunakan dalam jumlah sedikit (misalnya melalui Ethernet), namun ada pula penggunaan kabel jaringan komputer yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi internet). Contoh lainnya yakni sebuah kondisi dimana jaringan hanya mengijinkan satu jenis kabel saja yang dapat digunakan, atau ada pula kondisi lainnya yang justru menijinkan penggunaan kabel dengan cara kombinasi lebih dari satu jenis.
Setidaknya ada 3 macam jenis kabel jaringan komputer, diantaranya adalah:
  1. Kabel Coaxial
  2. Kabel Twisted Pair
    *UTP (Unshielded Twisted Pair)
    *FTP (Foiled Twisted Pair)
    *STP (Shielded Twisted Pair)
  3. Kabel Fiber Optik
Note:
*untuk penjelasan lebih detail mengenail jenis jenis kabel jaringan komputer ini nanti kita bahas pada penjelasan di postingan berikutnya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Kabel Jaringan pada Komputer, terimakasih dan semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter