-->

Pengertian Sistem Komputer dan Komponen-Komponen Dalam Komputer

Sistem Komputer dan Komponen-Komponen Dalam Komputer - Pembahasan kali kita akan membahas tentang apa itu sistem komputer dan apa saja komponen dalam komputer tersebut.

SISTEM KOMPUTER

Sistem adalah suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan. Sedangkan SISTEM KOMPUTER adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data menjadi informasi, sehingga dapat menghasilkan informasi yang di harapkan oleh penggunanya. Perangkat yang terdapat pada sistem komputer diantaranya hardware, software dan brainware.

Dengan demikian komponen tersebut merupakan elem yang terlibat dalam sistem komputer, Tentu saja hardware tidak berarti apa apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (Software & Brainware).


KOMPONEN - KOMPONEN KOMPUTER
Komponen dalam sistem komputer terbagi menjadi 3 yang tidak bisa terpisahkan yaitu :
  1. Hardware (Perangkat Keras)
    • Processing Device
    • Output Device
    • Input Device
    • Storage Device
  2. Software (Perangkat Lunak)
    • Operating System (Sistem Operasi)
    • Aplication Program (Program Aplikasi)
    • Language Program (Bahasa Pemrograman)
  3. Brainware (Orang yang mengoperasikan komputer/Pengguna Komputer)
Berikut penjelasan lebih detail mengenai Komponen - Komponen Dalam Sistem Komputer

  1. Hardware (Perangkat Keras)
    Hardware merupakan perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik seperti perangkat masukan (Keyboard, Mouse, dll), perangkat pemroses(CPU), maupun perangkat keluaran (Printer, Monitor, Speaker, dll).
    • Processing Device (CPU)CPU (Central Processing Unit) berperan untk memproses arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi sitem komputer. Unit atau Piranti pemroses juga akan berkomunikasi dengan piranti input dan output.
    • Input DeviceInput device merupaka perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Perangkat/Piranti Input Device adalah :
      1. Keyboard
      2. Pointing Device
      3. Mouse
      4. Scanner
      5. Web cam 
      6. Microphone
      7. Toucsh Screen
      8. Digitizer Graphic Tablet
    • Output DeviceOutput Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (Kertas), Softcopy (Ke monitor) ataupun berupa suara. antara lain sebagai berikut :
      1. Monitor
      2. Printer
      3. Speaker
    • Storage DeviceRegister CPU berukuran kecil sehingga tidak dapat menyimpan semua informasi, maka CPU harus dilengkapi dengan alat penyimpanan berkapasitas lebih besar yaitu memori utama . Storage Device dibagi menjadi dua, yaitu :
      1. Internal Storage
        Internal meupakan media penyimpanan yang terdapat didalam komputer, seperti :
        • RAM (Randem Access Memory)
          Yaitu untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Struktur RAM terbagi menjadi 4 bagian utama yaitu :
          1. Input storage digunakan untuk menampung input yang dimasukan melalui input
          2. Program Storage digunakan untuk menyimpan semya instruksi-instruksi program yang akan di akses
          3. Working Storage digunakan untuk menyimpan daya yang akan di olah dan hasil pengolahan
          4. Output Storage digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
        • ROM
          Memori yang hanya dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya bisa dibaca tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. Berupa sistem operasi yang terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur menampilkan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program.
          Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting). yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
      2. Eksternal Storage
        Eksternal Storage merupakan perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data diluar komponen utama, seperti :
        • Floppy Disk
        • Harddisk
        • CD ROM
        • DVD
  2. Software (Perangkat Lunak)
    • Operating System (Sistem Operasi)Operating System atau Sistem OPerasi ialah program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware . ada beberapa macam sistem operasi yang ada, seperti :
      1. Linux
      2. Windows
      3. Mac OS
       
    • Aplication Program (Program Aplikasi)Merupakan Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang siap untuk dipakai. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering disiapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Seperti :
      1. Microsoft Word
      2. Microsoft Excel
      3. Microsoft Power Point
      4. Corel Draw
      5. Adobe Photoshop
      6. Google Chrome
      7. Mozilla Firefox
      8. Dll
    • Language Program (Bahasa Pemrograman)
      Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa pemrograman.
      Berikut beberapa aplikasi bahasa pemrograman, diantaranya:
      1. Visual Basic
      2. Turbo Pascal
      3. Delphi
      4. PHP
      5. Java
      6. Python
      7. Pearl
      8. C++
      9. Dll
  3. Brainware (Orang yang mengoperasikan komputer/Pengguna Komputer)Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikannya maka tidak akan dapat digunakan.

Demikian pembahasan dan penjelasan kali ini mengenai Pengertian Sistem Komputer dan Komponen-Komponen dalam Komputer, jika terdapat kesalahan dalam penulisan mohon dimaafkan. dan terimakasih semoga bermanfaat
Salam....

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter