-->

Pengkabelan || Straight - Cross

Pengkabelan || Straight - Cross -  Kabel merupakan salah satu media transmisi data dalam jaringan (selain nirkabel), didalam jaringan komputer dikenal berbagai jenis kabel dan masing - masing memiliki spesifikasi yang berbeda.  Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar dan membahas pengkabelan untuk jenis kabel UTP.
Sebelum melakuakan teknik pemasangan kabel atau membuat pengkabelan jaringan, ada baiknya kita membahas satu persatu peralatan yang dibutuhkan untuk pengkablen UTP.

  1. Kabel UTP
    UTP merupakan singkatan dari Unshield Twisted Pair. Sesuai namanya “Unshield”, yang berarti kabel ini tidak dilengkapi dengan pelindung aluminium sehingga jenis kabel ini kurang tahan dengan interferensi elektromagnetik, berbeda dengan saudaranya STP (Shield Twisted Pair). Nama Twisted Pair merujuk pada bentuk dari isi kabel tersebut yang saling berlilitan pada setiap pasang.
    Kabel UTP adalah salah satu kabel yang paling sering digunakan dalam sebuah jaringan local (LAN). Ya mungkin karena harganya yang relatif terjangkau, kabel ini jiga lebih mudah dipasang dan yang paling penting kinerja nya bisa diandalkan.
  2. Konektor RJ-45
    Konektor RJ-45 ini berperan menjembatani kabel UTP dengan resources pada jaringan (seperti komputer, hub, router, dll).
  3. Tang Crimping
    Kalau alat yang satu ini yaitu kita gunakan untuk merangkai sebuah kabel atau lebih tepatnya menyatukan kabel UTP dengan konektor RJ-45. Selain itu Tang Cripmping juga diguanakn untuk memotong kabel UTP, mengupas kulit kabel UTP dan merapikan kabel sebelum mengeratkan atau memasangkan kabel UTP dengan konektor RJ-45
  4. LAN Tester
    LAN Tester digunakan untuk memeriksa kabel yang telah dirangkai apakah terpasang sesuai dengan konfigurasnya atau tidak. Alat ini memiliki lampu indikator yang berfungsi untuk memeriksa konfigurasi kabel jaringan (UTP)
Dalam jaringan local (LAN) kita bakal mengenal dengan 2 jenis kabel jaringan yang sering dipakai yaitu Straight dan Cross. kedua kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda dalam jaringan.
Kabel Cross digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung tanpa perantara (seperti HUB) yaitu melalui NIC/LAN CARD. Sedangkan Kabel Straight sering digunakan untuk mengkoneksikan komputer ke HUB, Komputer ke Switch, Router ke Switch, Router ke HUB.
Selain berbeda fungsi nya, dua jenis kabel tersebut juga pastinya berbeda dalam hal pembuatan atau konfigurasi kabel jaringan nya. dan yang membedakan adalah kombinasi warna kabel UTP sebelum kabel tersebut di pasang atau dikombinasikan dengan konektor RJ -45


Membuat Kabel Straight
susunan kabel straight

Susunan/Urutan warna kabel straight ujung kiri ke kanan :
  1. Putih Orange 
  2. Orange
  3. Putih Hijau
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Hijau
  7. Putih Coklat
  8. Coklat

Note : Ujung kabel yang satunya harus sama susunannya dengan susunan kabel diatas
Untuk membuat/memasang kabel straight cukup mudah, semua ujung kabel baik kanan maupun kiri harus sesuai dengan urutan warna kabel diatas.  untuk memotong dan merapikan gunakan tang crimping setelah rapi tinggal memasangkan pada konektor RJ-45 kemudian rekatkan dengan Tang Crimping tadi (Pastikan semua kabel dalam keadaan rapi saat dimasukan ke konektor RJ-45 dan tidak saling mendahului) 
Untuk pengecekannya bisa kita menggunakan  LAN Tester apakah konfigurasi kita benar apa salah


Membuat Kabel Cross
susunan kabel cross

Susunan/Urutan warna kabel cross
Untuk ujung pertama atau ujung kanan urutan warna kabel nya yaitu sama dengan urutan kabel straight. sedangkan untuk ujung yang kiri atau yang satunya, yaitu dengan urutan warna dibawah ini
  1. Putih Hijau
  2. Hijau
  3. Putih Orange
  4. Biru
  5. Putih Biru
  6. Orange
  7. Putih Coklat
  8. Coklat



Cara pemasangan/pembuatan sama yaitu untuk ujung pertama kita buat menggunakan urutan kabel staright setelah selesai kita crimping sedangkan untuk ujung yang satunya yaitu dengan pemasangan dengn pengurutan kabel diatas .

Pada dasarnya perbedaan yang mencolok antara kabel straight dan kabel cross yaitu pada pengurutan kabel nya saja. Jika pada straight menggunakan urutan pengkabelan yang sama pada kedua ujungnya sedangkan cross salah satu ujung pin menggunakan urutan kabel straight dan ujung satunya menggunakan urutan Cross

Mungkin sampai disini dulu pembahasan kali ini mengenai pengkabelan dan juga jenis jenis kabel jaringan yang sering dipakai setiap komputer
Jika terdapat kesalahan dalam penulisan maupun penjelasan mohon
Terimakasih dan semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter