-->

Mengenal Web Server



Republik TKJ - Menurut Wikipedia, Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan web browser (Conrohnya Google Chrome, Firefox, Opera, dll) dan mengirimkan hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. beberapa contoh web server adalah Apache, Xitami, PWS, dan IIS.

Sederhananya, agar dapat diakses oleh user, suatu website harus tersimpan dalam sebuah web server, jadi bila kalian ingin membuka sebuah website/situ, maka yang sebenarnya terjadi adalah kalian membuka sebuah file HTML yang tersimpan dalam web server dan ditampilkan dalam bentuk halaman web di browser kalian.



Berikut syarat-syarat klien dan server agar website dapat ditampilkan :

  1. Komputer klien (pc/laptop) yang sudah terinstal aplikasi browser dan terhubung/terkoneksi pada jaringan internet atau intranet
  2. Server berisi perangkat lunakserver. Server terhubung juga dengan internet atau intranet agar dapat diakses oleh klien. Untuk keperluan klien, server juga harus memiliki alamat yang biasa disebut Internet Protocol Address (IP Address).


Langkah-langkah proses menampilkan website:

  • Klien melakukan request (Pemesanan) alamat website melalui browser, contohnya https://tkjsmk.web.id/
  • Server yang mendapat pesan alamat akan mencari informasi dengan pesanan klien, kemudian memberikan hasilnya dalam bentuk halaman website
  • Pencarian berhasil dan selesai, namun juga bisa gagal karena tidak menemukan alamat yang dicari dan bisanya mucul pesan “Error 404 Page not found”

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter