-->

Cara Reset RouterBoard Mikrotik


Cara Reset RouterBoard Mikrotik - Reset mikrotik merupakan langkah untuk mengembalikan pengaturan/setting default atau ke kondisi awal mikrotik. Ada banyak alasan kenapa kita melakukan reset pada mikrotik, mulai dari lupa password (reset password), mengembalikan sistem ke kondisi awal maupun refresh system. 
Nah pada pembahasan kali ini saya akan membahas tentang Cara Reset RouterBoard Mikrotik dengan beberapa cara yang bisa kalian praktekan, simak pembahasan berikut:

1. Cara Pertama Untuk cara  pertama yaitu melalui aplikasi winbox yang terhubung ke Mikrotik dengan cara memasukan perintah pada console winbox :
/system reset
lalu tekan Y(es) apabila muncul sebuah pilihan apakah benar ingin melakukan reset. Dengan perintah diatas maka mikrotik sudah kita set ke konfigurasi awal mikrotik dengan ether2 yang memiliki ip mikrotik : 192.168.88.1/24. 
 Dibeberapa kasus, konfigurasi awal pada mikrotik kadang bikin bingung saat kita ingin mengkonfigurasi ulang RouterBoard Mikrotik. Namun kalau kita sudah terlanjur menggunakan perintah diatas, maka pada saat kita login dan masuk winbox kembali kita akan dihadapkan pada popup pilihan apakah ingin membuang konfigurasi awal tadi atau tidak. Saran saya lebih baik menghapus konfiguras awal tadi. 
Selain cara diatas, apabila kita ingin mereset konfigurasi mikrotik dan tidak mau mikrotik kita kembali ke ip default, maka masukkan perintah berikut:


/system reset-configuration no-default yes
 


2. Cara Kedua Untuk cara yang kedua ini yaitu dengan menekan tombol reset yang ada pada RouterBoard Mikrotik. Pada setiap versi tempat tombol reset RouterBoard berbeda, namun biasanya ada lubang kecil disetiap RouterBoard untuk mereset mikrotik dan harus ditusuk menggunakan alat karena tidak bisa dilakuakan dengan jari, biasanya saya menggunakan ujung pulpen untuk menusuk dan menekannya (kalianpun bisa menggunakan jarum) namun yang pasti harus hati hati dan pelan-pelan jang terlalu kuat karena bisa merusak tombol reset yang ada pada RouterBoard. 

Kali ini saya contohkan cara mereset RouterBoard Mikrotik RB750 :


  • Lepas kabel power RouterBoard
  • Tekan tombol reset tanpa dilepas, kemudian tancapkan kabel powernya dengan kondisi tombol power masih ditekan
  • Tunggu hingga lampu ACT berhenti berkdip
  • Coba cek login dengan winbox

Nah itulah 2 cara untuk dapat mereset RouterBoard kita, apabila kita benar-benar ingin melakukan reset pada RouterBoard Mikrotik. jadi terimakasih telah membaca artikel sederhana ini tentang "Cara Reset RouterBoard Mikrotik
 Semoga Bermanfaat :)

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter